Pelaksanaan P5BK (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja)

P5BK (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja) merupakan pembelajaran yang ditekankan pada pendidikan budi pekerti, budi pakerti in action, pendidikan karakter bangsa, pendidikan berbasis budaya dan apapun namanya yang semua itu untuk “karakter” dengan enam (6) ciri utama profil pelajar Pancasila sebagai perwujudan pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Salah satu perwujudan pelajar Indonesia yang bergotong royong

Dengan P5BK ini, akan memperkuat upaya penguatan pendidikan karakter dalam  mencetak generasi muda yang memenuhi Profil Pelajar Pancasila. Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global.  “Pembelajar sepanjang hayat”,  tentu hal ini tidak hanya untuk siswa,  begitu juga seluruh guru. Jadi pelajar di sini, kita semua termasuk di dalamnya. Dengan Profil Pancasila,  kita semua mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam budaya kerja.

Pada tahun pelajaran baru 2021/2022, SMK Negeri 1 Nawangan Pacitan menerapkan Kurikulum baru Pusat Keunggulan untuk kelas X. Pembelajaran wajib habis pada semester 1 (ganjil) di kelas XII, dan semester genap (2) khusus untuk PKL. Semua mata pelajaran digabung termasuk jam kejuruan untuk kelas X hanya 6 jam, kelas XI hanya 15 jam dan kelas XII semester 1 hanya 17 jam. Mata pelajaran C1 tergabung menjadi mata pelajaran baru yakni  PIPAS (Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) 6 jam dan muncul mata pelajaran baru yakni P5BK (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja) kelas X 8 jam, kelas XI 4 jam dan kelas XII 4 jam.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *